Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Surabaya Ajukan 1.700 PNS

Kompas.com - 07/09/2011, 12:31 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Surabaya tetap mengajukan 1.700 orang untuk formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun 2011. Formasi ini, antara lain, untuk tenaga guru, kesehatan, dan teknisi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Yayuk Eko Agustin di Surabaya, Rabu (7/9/2011), mengatakan, Pemkot telah mengajukan kuota ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. ”Berapa yang dipenuhi tergantung pemerintah pusat, yang jelas sudah diajukan dan diharapkan jumlahnya bertambah dari tahun lalu,” katanya.

Calon PNS yang diajukan sebanyak 1.700 orang untuk mengisi formasi yang pensiun. Sebab, setiap bulan ada 70-80 PNS pensiun sehingga setiap tahun mencapai 800 orang.

Sementara kuota penerimaan yang diberikan pusat setiap tahun maksimal 340 orang. ”Sangat tidak ideal dengan jumlah yang pensiun, padahal dari kekuatan APBD Pemkot mampu membayar PNS,” ujarnya.

Menurut Yayuk, penambahan PNS sangat dibutuhkan agar pelayanan kepada masyarakat yang pada siang hari mencapai 5 juta jiwa, sedangkan malam ada 3,7 juta jiwa meningkat.

Keberadaan penduduk saat ini tidak sebanding dengan sumber daya manusia di Pemkot Surabaya sebanyak 19.000 orang. Selama kuota belum terpenuhi, Pemkot menggunakan jasa tenaga kontrak untuk beberapa bidang kerja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com