Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Semarang Belum Siap

Kompas.com - 06/09/2011, 02:44 WIB

Ungaran, Kompas - Kendati sudah diuji coba sejak 20 Agustus, hingga kini operasionalisasi jalan tol baru Semarang-Solo di ruas Semarang-Ungaran belum berjalan mulus. Pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2011 ini pun jalan tol sepanjang 14,1 kilometer sejak 19 Agustus baru sebatas dilewati kendaraan kecil, sedangkan truk dan bus belum diizinkan melintasi ruas jalan tersebut.

Saat uji coba pun, jalan keluar dari pintu tol di Kelurahan Sidomulyo, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, masih berupa jalan kampung dan sempit sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas yang parah. Selama arus mudik Lebaran berlangsung, pintu tol tersebut hanya dibuka satu arah. Begitu pula saat arus balik Lebaran.

Pengamatan Kompas di sepanjang jalan tol ruas Semarang-Ungaran, Senin (5/9), menunjukkan, sejak H+3 telah dilakukan perubahan arus lalu lintas bagi kendaraan yang melintasi tol. Jalan tol baru itu kini hanya untuk arus kendaraan bermotor dari Ungaran ke Semarang, sedangkan arah Semarang-Ungaran ditutup total.

Rekomendasi

Komisaris Utama PT Trans Marga Jateng Danang Atmodjo mengemukakan, pihaknya tetap merekomendasikan jalan tol penggalan Semarang-Ungaran untuk kendaraan kecil. Ini semata-mata untuk kepentingan kondisi jalan tol sampai penggalan seksi II Ungaran-Bawen sepanjang 9,5 kilometer rampung pada 2012.

”Setelah uji coba selama 20 hari nanti sampai 10 September, kami belum menetapkan lagi apakah ruas tol itu berfungsi dengan menerapkan pengenaan tarif tiket tol. Tarif tiket pun sedang kami hitung. Semua kami perkirakan harga tiket tol ruas Semarang-Ungaran Rp 5.000 per kendaraan, tetapi bisa saja itu berubah,” ujarnya.

Danang juga membantah soal dugaan adanya retakan di ruas Gedawang-Susukan terutama di Kilometer 17 sampai Km 19 yang selama ini dikenal jalan tol yang paling rawan ambles. Bahkan, belum diperoleh laporan soal retakan di badan tol, tetapi upaya pelapisan ulang pengaspalan hot mix sudah dilakukan di beberapa ruas tol baru itu.

Di jalan tol lajur Semarang-Ungaran juga masih terlihat ada pekerjaan penguatan tebing di ruas Gedawang-Susukan di Km 19. Pekerjaan pemasangan tiang pancang beton itu sempat terhenti selama seminggu menjelang hingga tiga hari sesudah Lebaran. Kegiatan itu kini dilanjutkan kembali. (WHO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com