Selasa, 2 September 2014

News / Regional

Tiket KA Ekonomi Yogya-Jakarta Ludes

Jumat, 2 September 2011 | 20:34 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tiket kereta api kelas ekonomi Progo yang akan diberangkatkan dari Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, menuju Stasiun Pasar Senen, Jakarta, untuk keberangkatan 2-6 September telah habis terjual.

"Tiket kereta api ekonomi sudah habis, tetapi untuk kereta api ekonomi yang dilengkapi pendingin udara, yaitu Gajah Wong, masih tersedia," kata Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasional VI Yogyakarta Eko Budianto, Jumat (2/9/2011) di Yogyakarta.

Menurut Eko, tiket dengan tempat duduk untuk KA Gajah Wong dari Stasiun Lempuyangan ke Pasar Senen tersebut sudah habis terjual untuk keberangkatan 2 September hingga 6 September. Masing-masing gerbong memiliki kapasitas 80 tempat duduk. Adapun tiket berdiri yang dijual sebanyak 20 tiket per gerbong bisa dijual satu jam sebelum keberangkatan.

Eko menambahkan, KA Gajah Wong akan menjadi salah satu alternatif bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta apabila tidak memperoleh tiket untuk kereta ekonomi lainnya. "Selain Bengawan Lebaran, kami tidak akan memberangkatkan kereta api ekonomi lainnya. Kami juga akan tetap memerhatikan kuota di setiap gerbong, yaitu maksimal 150 orang," katanya.

Ia menambahkan, pembatasan kuota sebanyak 150 orang per gerbong di kereta api ekonomi tersebut cukup efektif, sehingga tidak lagi ada penumpang yang duduk berjelal di toilet atau di bordes antargerbong.

"Meskipun masih ada sejumlah penumpang yang duduk di bordes kereta, tetapi jumlahnya tidak lagi banyak seperti dulu. Mereka biasanya duduk di bordes untuk mencari udara segar," kata Eko.

Ia yakin masyarakat sudah mengetahui bahwa tiket kereta api ekonomi sudah dapat diperoleh H-7 sebelum keberangkatan sehingga diperkirakan tidak akan terjadi antrean panjang calon penumpang di loket pembelian tiket di stasiun.

Arus balik dari sejumlah stasiun di Daerah Operasional VI Yogyakarta diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Sabtu (3/9/2011) besok atau Minggu (4/9/2011) dan Minggu (11/9/2011). Jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai 17.000 orang.

Selain kereta api jarak jauh, peningkatan jumlah penumpang juga terjadi di kereta api komuter yang melayani jarak pendek yaitu tujuan Kutoarjo-Yogyakarta-Solo. Jumlah penumpang kereta api jarak pendek tersebut sekitar 12.000 orang atau mengalami kenaikan sekitar 4.000 penumpang dibanding hari biasa.

 


Editor : Laksono Hari W
Sumber: