Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Pedagang Bentrok dengan Aparat Keamanan

Kompas.com - 01/09/2011, 00:01 WIB

PADANG, KOMPAS.com – Ratusan pedagang Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, bentrok dengan aparat keamanan dari satuan polisi pamong praja, petugas dinas perhubungan, dan anggota kepolisian saat Lebaran Idul Fitri 1432 H, Rabu (31/8/2011).

Bentrok terjadi ketika aparat keamanan memasang pagar dan menggusur pedagang di Pasar Raya. Sebelumnya di simpang masuk Pasar Inpres atau di depan Bioskop Raya, aparat langsung dihadang ratusan pedagang yang membawa batu, kayu, dan bom molotov.

Aksi baku pukul dan lempar batu tidak terhindarkan. Para pedagang dan aparat keamanan akhirnya terlibat bentrok. Pedagang terdesak ke dalam kios Pasar Raya. Mereka langsung memblokir jalan dengan meletakkan dua bak sampah di tengah jalan dan sebagian pedagang membakar sampah agar aparat tidak bisa masuk.

Namun, akhirnya polisi dibantu aparat keamanan lainnya berhasil menguasai situasi dan areal pasar sehingga bentrokan dapat diakhiri. Penggusuran ini dilakukan Pemerintah Kota Padang karena pasar yang sempat rusak akibat gempa 2009 tersebut akan dibangun kembali.

"Kami hanya mengamankan aksi pedagang Pasar Raya yang mau menghadang pemasangan pagar di Pasar Inpres," kata Kabag Operasional Polresta Padang Komisaris Ary Yuswan.

Menurutnya, untuk pengamanan, pihaknya menurunkan beberapa anggota polisi ke lokasi tersebut serta membawa mobil water canon. "Kami ingin mencegah bentrokan sehingga terpaksa menyemprotkan gas air mata ke arah pedagang," katanya.

Berdasarkan informasi, akibat bentrokan itu, puluhan orang pedagang mengalami luka-luka akibat terkena lemparan batu dan saat ini mereka melaporkan peristiwa itu kepada Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Sumbar.

Sementara itu, dari aparat keamanan sedikitnya lima anggota Satpol PP Padang mengalami luka-luka. Kepala Dinas Pasar Raya Padang Budhi Herwanto juga menjadi korban karena sempat dikeroyok pedagang.

Selain itu, salah seorang juru kamera Padang TV, Rio, mengalami cedera terkena lembaran batu. PMI Padang membawa juru kamera tersebut ke salah satu rumah sakit.

Hingga malam ini, Pasar Raya Padang dijaga puluhan anggota kepolisian serta petugas satpol PP. Pasar Raya saat ini gelap gulita karena listrik dipadamkan PLN untuk menghindari terjadinya kebakaran.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com