Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Stasiun Pasar Senen Sedikit Berubah

Kompas.com - 30/08/2011, 17:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajah Stasiun Kereta Api (KA) Pasar Senen, Jakarta Pusat, sedikit mengalami perubahan. Jika sebelumnya calon penumpang yang menunggu kedatangan kereta di halaman stasiun harus duduk beralaskan karpet, saat ini PT KAI Daops 1 telah menyediakan fasilitas yang lebih baru berupa bangku-bangku berbahan besi.

"Semuanya kursi baru. Ini sudah dipersiapkan sebelumnya khusus untuk penumpang Lebaran," kata Mateta Rizalulhaq, Humas PT KAI Daops 1 kepada Kompas.com di Stasiun Senen, Selasa (30/8/2011) sore.

Fasilitas ini diharapkan dapat menambah kenyamanan penumpang yang menantikan datangnya kereta, sebelum memasuki area peron. Menurutnya, bangku-bangku dengan jenis yang sama sudah terdapat juga di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Bangku-bangku tersebut terlihat mulai dijejerkan di kedua sisi halaman stasiun, utara dan selatan pada sore ini. Menurut Mateta, fasilitas tambahan tersebut baru disediakan dengan mempertimbangkan jumlah penumpang. Saat jumlah calon penumpang yang memenuhi halaman stasiun terlalu banyak, penyediaan bangku akan menyita ruang. Atas dasar itu, pada hari-hari sebelumnya disediakan karpet yang dinilai lebih efisien sebagai alas duduk calon penumpang. "Lagian, penumpang bisa tiduran di atas karpet. Kalau kursi, mana bisa," tutur Mateta.

Hingga sore ini, penurunan jumlah penumpang yang diberangkatkan dibanding tiga hari sebelumnya terlihat cukup signifikan. Hal ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga dua hari ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com