Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darsem Bantah Berfoya-foya

Kompas.com - 06/08/2011, 18:02 WIB

SUBANG, KOMPAS.com — Mengenai tudingan orang tentang perubahan pola hidupnya, Darsem membantah bahwa dirinya menggunakan uang hasil bantuan pemirsa TV swasta untuk berfoya-foya. Selama ini, menurut Darsem, uang tersebut digunakan untuk memenuhi janji. Hal itu di antaranya memberikan bantuan kepada kaum jompo dan tempat ibadah serta keperluan lainnya membeli bahan bangunan untuk memperbaiki rumah yang baru dibelinya.

Mengenai perhiasan emas yang dikenakan keluarganya, Darsem menjelaskan bahwa hal tersebut supaya mudah dijual lagi. "Lagi pula, kan kalau emas mudah dijual lagi jika diperlukan di kemudian hari," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (6/8/2011).

Ketika ditanyakan mengenai sumbangan kepada keluarga Ruyati (TKI yang dipancung di Arab Saudi), Darsem mengatakan bahwa itu adalah sumbangan sukarela dirinya. Mengenai jumlahnya terserah dirinya. Karena sebelumnya, lanjut Darsem, dirinya tidak pernah menjanjikan besarnya jumlah.

"Mau nerima ya syukur, kalau tidak juga ya terserah yang nerima saja. Mengenai besarnya, ya terserah saya saja," katanya.

Ketika ditanya mengenai gajinya yang 16 bulan, Darsem hanya bergantung pada kesadaran majikannya saja. "Kalau dikasih ya syukur, kalaupun enggak, ya tidak apa-apa. Bisa pulang juga syukur," katanya lagi.

Perbaiki rumah

Rencananya, mulai besok Darsem akan mulai memperbaiki rumahnya yang baru dibelinya. Telah dua hari terakhir ini, Darsem mengumpulkan bahan bangunan. Tampak di depan rumahnya telah tersedia pasir dan bahan bangunan lainnya.

Rumah yang dibeli Darsem terdiri dari kamar tidur, ruang keluarga, dapur, ruang tamu, dan kamar mandi berdiri di atas tanah 12 meter x 9 meter dengan luas bangunan 5,5 meter x 7 meter. "Rumah (yang akan diperbaki) ini selanjutnya untuk saya dan anak saya tempati. Biar yang itu buat Ibu dan Bapak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com