Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Segera Salurkan Beras Raskin

Kompas.com - 10/06/2011, 18:40 WIB

KUALA KAPUAS, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, meminta Badan Urusan Logistik Subdivisi Regional Kapuas mempercepat penyaluran beras bagi warga miskin guna mengantisipasi hambatan pendistribusian pada musim kemarau.

"Pemerintah Kabupaten Kapuas telah meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivisi Regional Kapuas agar penyaluran raskin (beras bagi warga miskin) di 15 kecamatan untuk alokasi Oktober 2011 dapat segera dilaksanakan," kata Kepala Subbagian Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Rupawansyah di Kuala Kapuas, Jumat (10/6/2011).

Ia mengatakan, jumlah raskin yang diminta untuk 15 kecamatan sebanyak 555,060 kilogram untuk 37.004 rumah tangga sasaran (RTS).

Pemerintah Kabupaten Kapuas juga telah meminta Bulog Divisi Regional Kalteng di Palangka Raya mempercepat penyaluran raskin alokasi September 2011 ke Kecamatan Kapuas Hulu dan Mandau Talawang sebanyak 12.345 kilogram untuk 823 RTS.

Jumlah alokasi raskin untuk Kecamatan Kapuas Hulu sebanyak 7.155 kilogram dengan 477 RTS dan Kecamatan Mandau Talawang sebanyak 5.190 kilogram dengan 346 RTS.

Hal ini dilakukan mengingat akses sejumlah desa atau kelurahan di daerah itu hanya dapat ditempuh melalui jalur sungai sehingga pada musim kemarau bisa saja terjadi pendangkalan sehingga dapat menghambat dalam penyaluran raskin ke desa dan kelurahan itu.

Sementara itu, Bulog Subdivisi Regional Kapuas sebelumnya menyatakan penyaluran raskin hingga 30 April 2011 untuk 17 kecamatan di daerah itu telah mencapai 74,39 persen atau sebanyak 2.532.510 kilogram.

Ia mengatakan, jumlah raskin yang belum disalurkan sebanyak 871.920 kilogram dari kuantum raskin untuk Kabupaten Kapuas Januari-Juni sebanyak 3.404.430 kilogram.

Kepala Bulog Subdivisi Regional Kapuas Fauzan Tamami telah meminta  Bupati Kapuas agar mendorong pihak kecamatan, desa, dan lurah untuk segera mengambil sisa penyaluran raskin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com