Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lingkungan Jadi Isu Sentral Al Quran

Kompas.com - 21/05/2011, 18:32 WIB

"Isu lingkungan sangat sentral dalam Al Quran. Dalam beberapa suratnya terdapat ayat-ayat yang membahas lingkungan," kata Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta dalam rakernas dan dialog kerakyatan Majelis Pemberdayaan Masyarakat Muhammadiyah di Malang, Sabtu.

Pada kesempatan itu, Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta memberikan keynote speech tentang perubahan iklim dan pengaruhnya bagi kehidupan rakyat, terutama menghadapi dampak perubahan iklim.

Dikatakannya, pemerintah mempunyai kebijakan menurunkan emisi gas rumah kaca hingga 26 persen pada 2020 serta berbagai kebijakan menurunkan kerusakan hutan.

"Seluas 1,6 juta hektar hutan Indonesia berkurang setiap tahun, sedangkan kemampuan menanam hanya setengahnya. Namun, saat ini, dengan program yang dilakukan bersama, kemampuan penanaman 1,06 juta hektar," katanya.

Pemerintah menargetkan penanaman satu miliar pohon. Namun, dengan komitmen dari berbagai pihak, saat ini sudah tercapai 1,3 miliar pohon yang ditanam.

"Kerusakan lingkungan yang terjadi semua karena ulah manusia, dari berbagai kegiatan dan teknologi yang kita gunakan sehari-hari," kata Gusti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com