Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

I-Bhan, Ikut Kontes KRCI 2011

Kompas.com - 19/05/2011, 20:41 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Robot bernama I-Bhan, akan mewakili Aceh dalam ajang Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2011, yang akan berlangsung 21-22 Mei di Batam, Kepulauan Riau.

 

Robot dengan keahlian bermain sepak bola ini diharapkan dapat lolos dalam laga yang sama, di tingkat nasional bulan Juni yang akan datang.

Ikrama Shiddiq, pencipta robot, mengaku dirinya terinspirasi dari ketangguhan tim sepak bola Persiraja Banda Aceh, yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh.

I-Bhan sendiri merupakan singkatan dari Intelegensi Ban. Ban (bhan) adalah bahasa Aceh yang berarti sepak bola.

Ikrama membutuhkan waktu selama 3 bulan untuk merancang robosoccer ini.

“Robot ini dirancang memiliki kemampuan mencari, membawa, dan menendang bola ke dalam gawang lawan,” jelas Ikrama, yang kini berstatus mahasiswa di Politeknik Aceh.

Pada unjuk keahliannya, I-Bhan akan bermain sepakbola melawan sebuah robot lainnya atau tim lawan, dan robot yang bisa mencetak gol terbanyaklah yang akan menjadi pemenang.

Direktur Politekni Aceh, Zainal Hanafi, mengatakan, selain robosoccer, mahasiswa Politeknik Aceh juga menyertakan satu robot lainnya untuk berlaga pada Kontes Robot Indonesia 2011. Robot itu diberi nama Pango_UK.

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah salah satu dari dua ajang bergengsi para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk beradu ilmu, kreativitas, dan strategi di bidang robotika.

“Dengan mengikuti kompetisi ini, kita juga ingin membuktikan bahwa walaupun kita berada di paling ujung Sumatera, tapi kita tidak tertinggal dalam teknologi canggih”, ungkap Hanafi.

Pemenang KRI dan KRCI regional Sumatera ini akan berlaga di tingkat nasional yang akan berlangsung pada bulan Juni di Yogyakarta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com