Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangki yang Terbakar Hanya Sepertiga

Kompas.com - 02/04/2011, 14:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian sedang melakukan identifikasi kebakaran yang terjadi di Tangki 31 T-2 Kilang Refinery Unit IV Cilacap milik Pertamina pukul 04.55 WIB tadi. Diketahui tangki yang berisi minyak ringan high octane mogas component (HOMC) tersebut hanya memiliki kapasitas terisi 1/3 tangki, yaitu dengan ketinggian 7 meter dari isi tangki yang seharusnya 19 meter.

"Yang terbakar adalah satu kilang berisi HOMC/bahan pembantu pembuatan BBM dengan kapasitas terisi 1/3 kilang (ketinggian 7 meter dari isi kilang 19 meter). Saat ini sedang dilakukan pemadaman. Menurut informasi di tempat kejadian, bahan tersebut dapat padam bila sudah habis," ungkap Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Anton Bachrul Alam melalui pesan singkat.

Menurut Anton, penyebab kebakaran masih ditelusuri pihak kepolisian dan Pertamina. Sejauh ini belum teridentifikasi ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Manager Media Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, masyarakat diminta jangan panik dengan adanya kebakaran tersebut karena Pertamina selalu siaga terhadap berbagai peristiwa yang terjadi seperti kebakaran di Cilacap tersebut.

"Kebakarannya, kan, sudah diamankan oleh regu pemadam kebakaran Pertamina RU IV. Jadi, masyarakat jangan khawatir. Hanya satu tangki yang terbakar dan kami sudah siap jika terjadi peristiwa-peristiwa seperti itu, pemasokan selalu ada dan tetap kami siapkan dari tempat lain, jika nantinya ternyata kebakaran ini memengaruhi ketersediaan minyak," kata Wianda saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (2/4/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com