Senin, 22 September 2014

News / Regional

Pertahanan

Gorontalo Akan Punya Lapangan Udara

Senin, 21 Februari 2011 | 01:31 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - TNI Angkatan Udara merencanakan pembangunan Pangkalan Udara (Lanud) di Provinsi Gorontalo. Panglima Komando Operasi AU II TNI AU, Marsekal Muda Agus Munandar, mengatakan bahwa Gorontalo sudah sepantasnya memiliki lapangan udara.

"Selain letaknya yang strategis di Sulawesi, Gorontalo juga berbatasan dengan negara lain," ujarnya di Gorontalo, Minggu (20/2/2011). Menurutnya, pangkalan tersebut juga akan menunjang keberadaan Brigif Linus Kostrad, yang sebelumnya sudah dibangun di daerah itu.

Ia menambahkan, rencana tersebut sedang dibahas dengan pemerintah Provinsi Gorontalo dan akan direalisasikan secepatnya. Gubernur Gorontalo, Gusnar Ismail, menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan master plan pengembangan bandara, yang juga akan mendukung pembangunan lanud.

Ia optimis pembangunan itu tak akan mengalami kendala karena TNI AU memiliki aset tanah di wilayah bandara seluas 100 hektare.

"Saat ini, Gorontalo baru memiliki kantor perwakilan Lanud di Manado, namun kami berupaya untuk segera mengalihkan status menjadi Lanud AU Gorontalo," tambahnya.


Editor : yuli
Sumber: