Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemuka Agama Jabar Berkoordinasi

Kompas.com - 14/02/2011, 17:45 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Para pemuka agama di Jawa Barat sepakat untuk mengantisipasi agar konflik di Cikeusik, Pandeglang, Banten serta kerusuhan di Temanggung, Jateng, tidak terulang lagi. Pernyataan bersama kerukunan beragama tersebut dilaksanakan di Gedung Sate, Bandung, Senin (14/2/2011).

Para pemuka agama yang hadir dan menandatangani pernyataan tersebut seperti Ketua MUI Jabar KH A Hafiz Utsman, Uskup Bandung Mgr Ignatius Suharya, Ketua PGIW Jabar Pdt Krisna Ludya Suryadi, Ketua Walubi Jabar Handoyo Oyong, Ketua Parisadha Hindu Dharma Putu Sulatra, dan Ketua Matakin Jabar Bambang Sukoco.

Pernyataan sikap tersebut juga disaksikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Pangdam III/Siliwangi Mayjen Moeldoko, Kapolda Jabar Irjen Suparni Parto, dan Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanegara.

Inti dari pernyataan para pemuka beragama itu adalah bertekad membina kerukunan umat beragama, mengupayakan masalah antarumat beragama melalui dialog, serta berkoordinasi dengan instansi berwajib bila ada indikasi konflik sosial.

Dalam sambutannya, Kapolda Jabar meminta seluruh polres dari daerah yang rawan untuk menyusun rencana keamanan untuk mengantisipasi konflik terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com