Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merapi Kembali Keluarkan Asap Tebal

Kompas.com - 02/02/2011, 19:18 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pasca erupsi besar pada 2010 Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta selama dua hari berturut-turut sejak Selasa hingga hari ini mengeluarkan asap sulvatara yang cukup tebal dan tinggi.

"Ini memang dinamikan dari Gunung Merapi, tidak ada peningkatan aktivitas dari gunung ini dan sampai saat ini status Gunung Merapi masih waspada," kata Kepala Seksi Gunung Merapi, BPPTK Yogyakarta Sri Sumarti, Rabu (2/2/2011).

Kepulan asap tebal di puncak Gunung Merapi ini tidak terlalu berbahaya atau tidak akan sampai menimbulkan awan panas. "Jika kepulan asap yang keluar ini tidak membawa material vulkanik maka dapat dikatakan tidak akan berbahaya, ini asapnya sangat terlihat berwarna putih sehingga meskipun besar tetapi tidak membawa material vulkanik," katanya.

Secara umum dengan munculnya dinamika Gunung Merapi ini tidak diikuti dengan peningkatan aktivitas lainnya seperti kegempaan maupun uguran lava.

"Yang jelas sampai saat ini status Gunung Merapi masih waspada, dan ini berarti memang segala yang terjadi di Merapi masih harus iwaspadai," katanya.

Sampai saat ini belum dapat diperkirakan kapan status Gunung Merapi ini akan kembali diturunkan dari waspada menjadi aktif normal. "Kami masih terus melakukan penyelidikan dan pengamatan, sehingga belum dapat diperkirakan sampai kapan status waspada ini akan berlaku," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com