Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumenep Siap Jadi Ibu Kota Jatim

Kompas.com - 26/01/2011, 10:57 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Menanggapi gagasan Guru Besar ITS Surabaya Prof Daniel M Rosyid soal pemindahan ibu kota Jawa Timur, Wakil Bupati Sumenep Soengkono Sidik mendukung.

Ia berharap wacana dari kalangan akademisi tersebut bisa menjadi kenyataan, sebab masyarakat setempat pasti menyambut baik kebijakan itu. “Masyarakat pasti welcome jika ibu kota dipindah ke Sumenep. Potensi Sumenep untuk menjadi ibukota provinsi juga sudah lebih dari cukup,” kata Soengkono Sidik di Gedung Rektorat ITS Surabaya, Selasa (25/1/2011) kemarin.

Potensi dimaksud adalah masyarakat Sumenep cinta damai dan memiliki toleransi tinggi, serta akses transportasi darat maupun laut ke Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa tersedia. “Masyarakat kami tidak suka carok. Akses transportasi juga tersedia,” ujar Wakil Bupati yang juga alumnus jurusan Teknik Arsitektur ITS tersebut.

Pendapat agak berbeda datang dari dosen Jurusan Arsitektur ITS, Hitapriya Suprayitno. Ia menilai pemindahan ibu kota dari Surabaya ke Sumenep berat, kecuali jika didukung penuh pemerintah pusat dan daerah. “Masalahnya, sarana infrastuktur di kabupaten paling timur di Madura tersebut belum layak jika harus menyandang status ibu kota. Bandara internasional belum ada, pelabuhan besar juga belum tersedia, tapi investasi akan mengalir ke Madura,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com