Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Lintas Selatan Jawa Rusak Parah

Kompas.com - 21/01/2011, 17:14 WIB

CILACAP, KOMPAS.com - Kerusakan sejumlah ruas jalan nasional dan provinsi di jalur selatan Jawa Tengah yang melintasi Kabupaten Banyumas dan Cilacap semakin parah.

Pantauan di sejumlah ruas jalan yang menghubungkan Cilacap dan Purwokerto, Jumat (21/1/2011), kerusakan parah dijumpai di ruas Jalan Urip Sumoharjo Cilacap, Jalan Soekarno-Hatta Cilacap, Jalan Raya Karangkandri-Slarang, Jalan Raya Sampang-Rawalo, Jalan Raya Tambaknegara-Rawalo, dan Jalan Raya Sidabowa-Purwokerto.

Pada ruas-ruas jalan tersebut banyak terdapat lubang yang mengangga lebar maupun badan jalan yang ambles sedalam 10 centimeter sehingga menyulitkan kendaraan yang melintas terutama di jalur yang sempit seperti Jalan Raya Tambaknegara-Rawalo.

Seorang pengendara sepeda motor, Umar (34) mengaku kesulitan saat melintas di Jalan Raya Tambaknegara-Rawalo.

"Serba salah kalau melintas di ruas Tambaknegara yang sempit, banyak lubang, dan ambles di beberapa titik terutama di saat ada iring-iringan mobil. Kalau tetap berada belakang mobil, kita bisa menghantam lubang karena tak terlihat tetapi jika menyalip repot juga karena di sisi kanan juga banyak lubang," kata dia yang dalam perjalanan dari Cilacap menuju Purwokerto.

Seorang warga Adipala, Wagino (40) mengaku roda sepeda motornya penyok akibat menghantam lubang saat melintas di Jalan urip Sumoharjo Cilacap.

"Saat itu saya memboncengkan istri dan dua anak saya dalam perjalanan pulang ke Adipala. Ketika berusaha menghindari lubang-lubang di jalan itu, tiba-tiba dari arah depan ada mobil, saya pun terpaksa melintasi jalanan berlubang," katanya.

Akan tetapi tanpa disangka, roda motor justru menghantam lubang yang cukup lebar dan dalam hingga akhirnya terjatuh serta kedua rodanya penyok.

"Saya terpaksa menggunakan uang sumbangan pendidikan dan pembangunan (SPP) anak-anak untuk memperbaiki roda motor yang penyok," katanya.

Secara terpisah, Kepala Balai Pelaksana Teknis Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Wilayah Cilacap, Suwito mengatakan, seluruh kerusakan ruas jalan nasional dan provinsi di Kabupaten Cilacap, Banyumas, dan Purbalingga segera menjalani perbaikan rutin.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com