Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Dalam Ember Ini Akhirnya Selamat

Kompas.com - 06/01/2011, 11:54 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Petugas Palang Merah Indonesia Sumatera Utara menyelamatkan seorang bayi berusia dua bulan yang dimasukan ke dalam ember dalam musibah banjir di kompleks perumahan Flamboyan Island di Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Selayang.

"Kejadiannya Kamis dini hari sekitar pukul 03.00 WIB," kata Kabid Penanggulangan Bencana PMI Sumatera Utara, dr John Purba yang terlibat langsung dalam penyelamatan itu kepada Antara Medan.

John Purba mengatakan, sebagian besar rumah di kompleks perumahan itu terendam banjir dengan ketinggian air antara dua hingga tiga meter.

Tingginya genangan air tersebut disebabkan kompleks perumahan itu berada di dekat aliran Sungai Sunggal yang kini meluap.

Ketika memberikan bantuan dengan perahu karet, kata dia, pihaknya menemukan sebuah keluarga yang masih berada di dalam rumah dan belum sempat menyelamatkan diri.

Begitu memasuki rumah itu, petugas menemukan keluarga yang sedang menyelamatkan bayinya yang masih berusia dua bulan ke dalam sebuah ember. Untuk menghindari bayi itu dari cipratan air, ember tersebut ditutup dengan tudung saji yang merupakan penutup hidangan makanan.

Dengan perahu karet yang disiapkan, petugas membawa bayi tersebut berikut orangtuanya ke posko yang dibuat di depan kompleks perumahan itu.

"Syukurnya bayi itu tidak apa-apa. Namun kami bahagia karena mampu memberikan pertolongan," kata John Purba.

Sementara ribuan rumah di Kota Medan juga terendam banjir seperti di Kelurahan Kampung Baru, Hamdan dan Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com