Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Ini 4 Tahun Tinggal di Gua

Kompas.com - 04/12/2010, 10:44 WIB

KOMPAS.com — Benediktus Wangge Meto (33) dikenal sebagai penghuni gua peninggalan tentara Jepang di Kelurahan Penfui, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dia mulai menghuni gua sejak tahun 2006 dan kemarin dia ditemukan meninggal. Jasadnya telah membusuk.

Oleh masyarakat sekitar, pria kurang waras itu dikenal sebagai pendatang dari Ende, Pulau Flores. Dia hidup sendirian sejak datang dari Ende dan menetap di Kupang pada tahun 2004.

Ketika itu korban masih sehat, tetapi setelah dua tahun kemudian dia mulai menderita sakit, kurang waras atau gila. "Tahun 2004 korban masih bekerja sebagai buruh bangunan, tetapi kemudian sakit-sakitan dan memilih berhenti bekerja, kemudian menetap di dalam gua peninggalan tentara Jepang, di belakang Kampus Universitas Nusa Cendana, Kupang," kata Minggus Tulit, warga Dusun Matani, Kelurahan Penfui, di Kupang, Sabtu (4/12/2010).

Saat menjadi penghuni gua itu, Meto akhirnya mengalami sakit, yaitu kurang waras. Dia berteriak, menyanyi, dan mencari makan sendirian. Lokasi gua itu agak terpencil dari permukiman warga.

Minggus menduga, Meto mengalami stres dan tekanan batin akibat kesulitan biaya hidup di Kota Kupang sampai menjadi gila. Di Kupang, dia diduga tidak memiliki anggota keluarga. "Kalau ada anggota keluarga, biasanya mereka membantu. Atau ada, tetapi korban tidak mau datang bertemu keluarga sejak tiba di Kupang sehingga anggota keluarga tidak tahu," kata Minggus.

Jenazah Meto akhirnya dievakuasi polisi. Hasil visum menunjukkan, korban tidak mengalami tanda-tanda tindak kekerasan sebelum meninggal. Jenazah korban dimakamkan di Kupang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com