Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Wasior Serbu Pengobatan KRI dr Suharso

Kompas.com - 06/11/2010, 20:52 WIB

WASIOR, KOMPAS.com - Ratusan warga Wasior mendatangi pelayanan kesehatan yang diberikan tim kesehatan dari kapal rumah sakit milik TNI AL, KRI dr Suharso. Sejak pelayanan kesehatan diberikan Jumat (5/11/2010), sudah tercatat ada sedikitnya 483 orang berobat.

Rencananya, pelayanan dilaksanakan hingga hari ini karena KRI dr Suharso akan ke Manokwari untuk mengobati 4.680 korban banjir Wasior yang mengungsi di sana.

Ketua Kelompok Tim Evakuasi Satgas Bencana Wasior Letnan Satu dr Bangun Pramujo mengatakan mayoritas dari warga yang berobat mengeluhkan sakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). "Ada juga yang sakit kulit dan diare tetapi tidak banyak jumlahnya," katanya.

Bangun mengingatkan agar sanitasi lingkungan dan kebersihan makanan/minuman diperhatikan pasca banjir bandang, termasuk perlunya membangun tempat mandi, cuci, dan kakus yang sehat. Sanitasi yang buruk bisa berimbas pada kian banyaknya warga yang te rjangkit penyakit.

Berdasarkan data posko bencana banjir bandang Wasior, hingga kemarin, tercatat ada 172 orang meninggal, 118 orang hilang, 41 orang luka berat, dan 3.374 orang luka ringan akibat banjir bandang yang terjadi 4 Oktober lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com