Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembak di Tempat Pelaku Kerusuhan

Kompas.com - 01/10/2010, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Langkah polisi yang dinilai banyak kalangan ragu-ragu saat mengatasi bentrok antarkelompok di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Rabu lalu menjadi evaluasi bagi pihak kepolisian.

"Ke depan, para pelaku kerusuhan akan dilumpuhkan. Tembak di tempat kalau perlu," ucap Kapolda Metro Jaya Irjen Timur Pradopo kepada wartawan seusai bertemu Komisi III DPR di Mainhall Polda Metro Jaya, Jumat (1/10/2010).

Timur menegaskan, langkah polisi mengamankan bentrok juga memerhatikan unsur hak asasi manusia. "Penegakan hukum tetap harus memerhatikan HAM. Tapi, kalau langkah pelaku membahayakan, baik petugas maupun masyarakat, harus dilumpuhkan," kata Timur.

Dalam kesempatan yang bersamaan, sebelumnya anggota Komisi III DPR mempertanyakan langkah preventif yang dilakukan polisi terkait kasus Blowfish. Herman Heri dari Fraksi PDI-P mengemukakan, "Saat kejadian bentrok antarkelompok di depan PN Jaksel ini terlihat ada kesan pembiaran. Kesannya polisi ragu-ragu dan mati langkah. Padahal, yang bersangkutan (kelompok yang bentrok) membawa senjata," ujar Herman.

Kapolda menjawab, pihaknya telah melakukan antisipasi dalam kasus Blowfish, "Mungkin ada yang kurang, itu yang akan kami perbaiki," ujar Timur.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com