Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Australia Barat akan ke Jatim

Kompas.com - 28/09/2010, 23:23 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Australia Barat, Kenneth Comninos Michael, dijadwalkan mengunjungi Provinsi Jawa Timur pada 1-6 Oktober 2010.

Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri Pemprov Jatim, Benny Sampirwanto, Selasa (28/9/2010), mengatakan, kunjungan itu bagian peringatan 20 tahun kerja sama "Sister State-Province" antara Pemprov Jatim dengan Pemerintah Negara Bagian Australia Barat.

"Nota kerja sama yang kami tandatangani sejak 1990 itu setiap lima tahun sekali itu diperbarui sesuai perkembangan," katanya.   

Peringatan 20 tahun kerja sama Jatim-Australia Barat dipusatkan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada 4 Oktober 2010.

Gubernur Australia Barat akan dihibur kesenian tradisional Jatim dan pergelaran wayang kulit oleh dalang dari Australia.

Kedatangan Kenneth ke Jatim itu diikuti lima anggota parlemen Australia Barat yang akan bertemu dengan anggota DPRD Jatim untuk studi banding tentang keparlemenan dan tugas pokok serta fungsi DPRD.

"Kerja sama antara Jatim dengan Australia Barat telah meningkat menjadi hubungan dagang yang melibatkan petani dan peternak di beberapa daerah di Jatim," katanya.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, di Jatim telah banyak dikembangkan produk-produk pertanian dan peternakan serta pemanfaatan peralatan pemerah dan pengolah susu sapi dari hasil kerja sama bisnis antara beberapa koperasi dan perusahaan swasta di Jatim dengan perusahaan di Australia Barat.

Dua bulan yang lalu kerja sama meningkat pada pengiriman santri untuk mengikuti pelatihan pertanian dan peternakan di Australia Barat.

"Diupayakan untuk tahun-tahun berikutnya jumlah santri yang dikirimkan ke sana bertambah," katanya.

Menurut Benny, saat ini ada 1.000 pemuda asal Jatim yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi di Australia. Demikian halnya dengan pemuda Australia juga banyak yang menempuh pendidikan di Jatim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com