Brimob Diperbantukan ke Puncak Jaya - Kompas.com

Brimob Diperbantukan ke Puncak Jaya

Kompas.com - 25/09/2010, 09:32 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com — Sejumlah 140 anggota brimob dari Satuan Pelopor II Kedung Alang, Bogor, Sabtu (25/9/2010), tiba di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, untuk diperbantukan kepolisian organik setempat dalam menjaga keamanan di Kabupaten Puncak Jaya. Mereka menggantikan 102 anggota yang telah bertugas sebelumnya.

Kedatangan mereka diterima Kepala Polda Papua Inspektur Jenderal Bekto Suprapto, Sabtu pagi di halaman Kantor Bandara Sentani.

"Saya minta dalam bertugas tetap melaksanakan tugas sesuai prosedur tetap," ujarnya saat memberikan pengarah. Bekto mengatakan, sebagian anggota bertugas menjaga pos dan sebagian melakukan pengejaran. "Kalau ada gangguan, kejar sampai dapat," ucapnya.

Kepala Biro Operasi Polda Papua Komisaris Besar Rudolf Albert Rodja mengatakan tidak memberikan misi khusus kepada pasukan brimob ini.

"Mereka hanya membantu menjaga kamtibmas," ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, ke-140 anggota Brimob itu akan diterbangkan ke Wamena menggunakan pesawat Trigana Air ATR-72. Selanjutnya, mereka menempuh perjalanan darat menggunakan mobil segala medan menuju Mulia, ibu kota Puncak Jaya.

Selama tahun 2010 di Puncak Jaya telah terjadi serentetan kejadian penembakan yang menewaskan total empat warga sipil dan dua polisi. Seorang anggota brimob yang diperbantukan dari Satuan Pelopor II Kedung Alang menjadi salah satu korban meninggal.

EditorHertanto Soebijoto

Close Ads X