Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bikin Panik Warga Semarang

Kompas.com - 02/09/2010, 22:35 WIB

UNGARAN, KOMPAS.com — Ratusan warga di Kecamatan Bawen, Semarang, Kamis (2/9/2010) sekitar pukul 18.30 berhamburan keluar rumah karena panik akibat guncangan gempa sekitar lima detik.

Warga Perumahan Ambarawa Asri Kelurahan Bawen, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Dawud Yustono, mengatakan, saat berada di rumah, tiba-tiba getaran besar muncul sekitar lima detik. Barang-barang yang ada di sekitar rumahnya juga bergoyang-goyang.

"Begitu terjadi guncangan, kami langsung keluar rumah karena takut kalau rumah kami roboh," katanya.

Hal sama juga dirasakan Widi Astuti (47). Dia juga ikut keluar rumah saat terjadi gempa tersebut karena khawatir gempa susulan.

"Malam ini saya akan tidur di lantai saja. Saya masih trauma jika terjadi gempa susulan," katanya.

Warga Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Siti Khitijah (35), mengatakan, dia juga merasakan getaran tersebut.

"Ketika saya sedang duduk-duduk, tiba-tiba kursi yang saya duduki goyang-goyang sendiri," katanya.

Meski sempat panik akibat merasakan getaran gempa, perlahan-lahan kekhawatiran warga pulih.

Setelah beberapa waktu, warga yang panik dan berlari keluar rumah kembali masuk rumah dan melakukan aktivitasnya kembali.

Sementara itu, Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Banjarnegara Ahmad Lani mengatakan, gempa yang dirasakan warga di Kabupaten Semarang merupakan gempa tektonik dengan kekuatan 2,4 SR. Gempa berada di utara Tegal dengan lokasi 6,58 LS-108,97 BT dan kedalaman 10 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com