Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Sumber Air Dioptimalkan

Kompas.com - 31/08/2010, 17:42 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memberikan suplai air kepada masyarakat menjelang lebaran, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY memaksimalkan fungsi sumber-sumber air. Saluran induk Kalibawang, Kulon Progo, DI Yogyakarta yang masih dalam tahap perbaikan dan dimatikan total pada H-7 hingga H+7 lebaran akan dialirkan kembali.

"Ini untuk memberikan suplai terhadap air tanah di sekitar saluran agar masyarakat tidak mendapatkan air dari sumur-sumurnya. Saluran akan dimatikan kembali pada tanggal 19 September," ungkap Sjamsinarsi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PU dan ESDM) DIY, di Yogyakarta, Selasa (31/8/2010)

Menurutnya, semua sumber air baku yang dipergunakan oleh perusahaan daerah air minum dalam kondisi siap dan sampai saat ini belum ada laporan kekeringan. Diungkapkan dia, elevasi ar Waduk Sermo, Kulon Progo per 26 Agustus berada pada 136 m dpl atau mendekati kondisi penuh. Kondisi penuh berada pada 136,6 m dpl. "Siap melayani PDAM dan irigasi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com