Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor China Bangun PLTMH di Mamuju

Kompas.com - 19/08/2010, 20:44 WIB

MAMUJU, KOMPAS.com - Investor China membangun dua unit bendungan di lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di Desa Karama, Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

"Mulai bulan ini investor dari negeri China, PT China Mikro Hidro (CMH), akan membangun dua unit bendungan di lokasi pembangunan PLTMH Karama Kecamatan Kalumpang," kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Kamis (19/8/2010).

Ia mengatakan perusahaan China tersebut membangun bendungan yang kedua kalinya setelah investor China lainnya juga telah membangun satu bendungan di lokasi pembangunan PLTMH Karama.

"Dengan dibangunnya dua bendungan tersebut, maka PLTMH Karama telah memiliki tiga bendungan untuk segera beroperasi memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di daerah ini dan negara ini," katanya.

Gubernur mengatakan, PLTMH Karama yang dibangun Pemerintah Provinsi Sulbar bekerja sama dengan investor China merupakan pembangkit listrik terbesar yang ada di wilayah itu dengan kekuatan sekitar 1.800 megawatt.

Anwar mengatakan pembangunan proyek PLTMH karama akan menghabiskan anggaran sekitar 4,5 miliar dolar AS yang akan dianggarkan secara bertahap hingga tiga tahun ke depan.

Ia berharap dengan dibangunnya PLTMH tersebut dapat memenuhi kebutuhan listrik masyarakat yang ada di Pulau Sulawesi maupun Pulau Kalimantan sehingga masalah listrik tidak lagi menjadi kendala dalam membangun daerah dan negara ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com