Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vanaprastha Gelar Gerakan di Gunung Lawu

Kompas.com - 07/06/2010, 20:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebanyak 47 orang aktivis lingkungan dari Vanaprastha, Senin (7/6/2010), petang sampai di Jakarta, setelah melakukan Gerakan Lingkungan Bersih selama dua hari di Gunung Lawu (3.265 mdpl), Jawa Tengah. Berkarung-karung sampah anorganik di puncak dan sepanjang jalur yang dilewati berhasil dibawa turun untuk dimusnahkan.

Ketua Umum Vanaprastha, Adhyaksa Dault, mengatakan, Gerakan Lingkungan Bersih di Gunung Lawu merupakan aksi nyata menyelamatkan lingkungan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, yang jatuh setiap tanggal 5 Juni. "Selain membersihkan lingkungan gunung dari sampah, para peserta juga memberikan advokasi kepada para pendaki dan masyarakat," katanya, Senin (7/6) di Jakarta.

Adhyaksa yang memimpin langsung pendakian menjelaskan, Gunung Lawu merupakan gunung yang ramai menjadi obyek pendakian. Selain kawasan hutannya yang menawarkan pesonanya, di sana juga ada Goa Lawu yang cukup dikenal. Bahkan, dari puncak Lawu, kita bisa menyaksikan pesona keindahan puncak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Akan tetapi, belakangan kawasan Gunung Lawu mulai kotor dan dirusak para pendaki yang kurang peduli dengan kebersihan dan kelestarian lingkungan. Jalur-jalur pendakian dan kawasan puncaknya kotor. Sampah berserakan di mana-mana. Kalau tak ada yang peduli, sampah tetap dibiarkan mengotori lingkungan, maka hal ini dikhawatirkan akan merusak lingkungan.

"Selain sampah, kawasan Gunung Lawu juga dirusak. Pepohonan ditebangi dan dibiarkan kering. Setelah kering baru diambil. Masyarakat sekitar perlu diberi advokasi betapa perusakan hutan bisa berdampak jangka panjang terhadap kelangsungan hidup manusia. Yang pasti membahayakan warga pemukiman di kaki gunung. Kalau terjadi kebakaran hutan, atau tanah di lereng gunung longsor, dampaknya pasti warga sekitar yang merasakan," ungkap Adhyaksa.

Melihat kenyataan kondisi terkini Gunung Lawu tersebut, Vanaprastha ke depan akan memikirkan program yang tepat guna, dan secepatnya akan diaplikasikan di lapangan.

"Vanaprastha juga akan merangkul pihak-pihak yang peduli lingkungan lainnya, untuk bersama-sama berbuat untuk melestarikan dan menyelamatkan lingkungan di kawasan Gunung Lawu," tambah Adhyaksa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com