Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galungan, Pedagang Janur dan Bunga Panen

Kompas.com - 11/05/2010, 11:42 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com- Sehari menjelang perayaan hari raya Galungan, umat Hindu di Bali disibukkan dengan berbagai persiapan untuk menyambut hari kemenangan darma atas adarma atau kebaikan melawan kejahatan tersebut. Diantaranya adalah dengan membeli perlengkapan sembahyang seperti bunga dan janur.

Para pedagang di Pasar Badung Denpasar pun tak ingin melewatkan peluang ini dengan berjualan bunga dan janur. Selain pedagang tetap, bermunculan juga pedagang dadakan yang sengaja menjual bunga dan janur setiap memasuki hari raya Galungan. Akibat tingginya permintaan merekapun meraup untung lebih karena harga juga turut naik.

“Jika biasanya harga janur dan bunga dijual 7 ribu hingga 8 ribu per ikat, menjelang hari raya ini naik menjadi 12 ribu hingga 16 ribu per ikat,” ujar Ketut Suwarya salah seorang pedagang janur di Pasar Badung, Denpasar. “Pasokan untuk hari raya Galungan dan Kuningan ini masih aman,“ tambahnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga Denpasar dan sekitarnya berbondong-bondong mendatangi Pasar Badung untuk mencari keperluan Galungan dan Kuningan dari mulai pagi hingga sore hari nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com