Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusman dan Truknya Masuk Jurang

Kompas.com - 08/05/2010, 23:13 WIB

CIPATAT, KOMPAS.com - Truk terguling dan masuk ke jurang sedalam 20 meter lebih di tikungan yang terletak di Kampung Sasaksaat, Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Bak truk bernomor polisi B 9845 WN itu hancur dan terbelah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Menurut sopirnya, Rusman (31), rem truk dengan muatan 1.950 karton teh kemasan dengan berat 9 ton itu blong. "Kejadiannya Jumat (7/5/2010) sekitar pukul 22.00. Waktu itu dari arah berlawanan, yaitu arah dari Bandung, ada kendaraan sedang nyalip dan memakan jalur saya," ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian, Sabtu (8/5/2010) pagi.

Untuk menghindari tabrakan, Rusman langsung membelokkan truk ke kiri karena remnya blong. Ia berusaha menghantamkan bak belakang ke sebuah pohon besar agar truk berhenti. Namun, bak itu pecah dan truk langsung masuk ke jurang. Ia mengaku seorang diri dalam truk beroda enam tersebut.

Rusman pun ikut terguling bersama truknya. Truk Fuso itu berhenti terguling setelah tertahan pohon bambu. Akibatnya, teh kemasan yang dimuatnya berserakan di sekitar tempat kejadian. "Kaki kanan saya sempat terjepit. Tapi, untungnya saya bisa keluar, dan kemudian naik ke tepi jalan di atas," kata pria asal Banten ini.

Ia kemudian meminta air putih di warung makan yang tidak jauh dari lokasi. Rusman akhirnya ditolong warga dan diantarkan ke Puskesmas Cikalong Wetan. Ia hanya mengalami luka ringan. Siku tangan kirinya dijahit, satu jari tangan kanan dan daun telinga kanannya diperban.

"Saya hendak mengantarkan teh kemasan ini dari Jakarta ke Garut. Padahal, sebelum berangkat, truk ini sudah diperiksa dan laik jalan," katanya. Pria yang sudah menjadi sopir dari 1997 ini menambahkan, ia juga membanting stir untuk menghindari menabrak warung yang berderet di dekat tikungan.

Hingga Sabtu (8/5/2010) siang, warga masih mengerumuni tempat kejadian. Bahkan, banyak yang mengambil teh kemasan gelas itu untuk dibawa pulang. Hanya ada beberapa tumpukan yang bisa diselamatkan. Polisi juga tampak berjaga di sekitar lokasi.

Kecelakaan lalu lintas juga terjadi di Km 112,400 Tol Cipularang. Mobil Honda Jazz D 328 RC menabrak sedan Genio  D 1304 BK. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. (Tribun Jabar/zz)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com