Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Portal k@Borneo Diluncurkan di Sabah, Malaysia

Kompas.com - 22/02/2010, 12:13 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com — Portal k@Borneo yaitu portal informasi tentang perpustakaan daerah Pulau Kalimantan akan diluncurkan di Sabah, Malaysia, 6 April mendatang.
    
Portal Kalimantan tergabung dari sejumlah universitas yang ada di pulau itu, yaitu Indonesia di Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, serta Sabah, Sarawak, dan Brunei Darussalam, yang akan diluncurkan di Kinabalu, Sabah (Malaysia), 6 April mendatang, kata Pembantu Rektor IV Universitas Tanjungpura Pontianak Iqbal Arsyad di Pontianak, Senin (22/2/2010).
     
"Keputusan Sabah sebagai tuan rumah setelah dilakukan pertemuan di Gedung Rektorat Untan Pontianak bersama anggota k@Borneo," ujarnya.
    
Ia menjelaskan, portal k@Borneo nantinya berisi berbagai informasi dari anggotanya, mulai dari seni budaya, adat, dan berbagai ilmu pengetahuan. "Kami akan menjadikan portal k@Borneo sebagai perpustakaan online," kata Arsyad.
    
Sementara itu, Rektor Untan Pontianak Chairil Effendy dalam sambutan tertulisnya menyatakan, k@Borneo diharapkan dapat meningkatkan mutu relevansi dan daya saing serta memberikan manfaat bagi semua pihak, terutama dalam meningkatkan kerja sama di bidang perpustakaan, baik dalam negeri maupun luar negeri, yaitu Sarawak, Sabah, dan Brunei Darussalam, katanya.
    
"Mari jadikan portal k@Borneo sebagai pusat informasi sesama rumpun Kalimantan (Borneo) agar tercipta perpustakaan yang berdaya saing serta bermanfaat bagi kemajuan ilmu dan teknologi," ujarnya.
    
k@Borneo merupakan kerja sama antara Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam yang dibentuk tahun 2002 di Kuching, Sarawak. Delapan pencetus k@Borneo, di antaranya Universiti Brunei Darussalam, Sabah Perpustakaan Status, Sabah Yayasan/Pondasi, Sarawak Departemen Musium, Universitas Tanjungpura, Malaysia Universiti Sabah dan Malaysia Universiti, serta Sarawak Perpustakaan.
    
Dalam perkembangannya, kini juga diikuti oleh universitas dari Kalteng, Kalsel, dan Kaltim. Chairil menambahkan, tujuan dibentuknya portal k@Borneo, yaitu sebagai pusat informasi tentang Borneo berbasis teknologi web, menyajikan sistem online penyimpanan data, dan mempromosikan misi k@Borneo "To Know Borneo Throughout the WWW".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com