Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seruling Tambur Semarakkan HUT Pekabaran Injil

Kompas.com - 03/02/2010, 17:24 WIB

MANOKWARI, KOMPAS.com — Peringatan Hari Ulang Tahun Pekabaran Injil ke-145 di Tanah Papua disemarakkan dengan berbagai kegiatan yang diikuti hampir seluruh jemaat gereja dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Puncak perayaan akan berlangsung pada 5 Februari mendatang di Pulau Mansinam Manokwari, tempat penginjil Ottow dan Geissler memulai pekabaran injil di Tanah Papua pada 1855. Sebanyak 45 grup seruling bambu dari kabupaten/kota, Rabu (3/2/2010), berunjuk gigi dengan berpawai sambil mengalunkan lagu-lagu rohani dari perempatan Bank Mandiri hingga Gereja Kwawi di Manokwari.

Selama perjalanan 5 km itu, alunan musik dari seruling dan tambur bertalu-talu membuat pengunjung berdecak kagum. Warga Manokwari berdiri di sepanjang jalan yang dilalui sambil membawa anak-anaknya.

Kabupaten Raja Ampat tampak menurunkan seluruh pemusiknya yang diwakili berbagai klasis. Lebih dari tujuh grup dari Kabupaten Bahari itu tampil all out berarak sambil bergoyang rancak. Sementara itu, Kabupaten Biak Numfor tampil lebih tradisional dengan mengenakan pakaian dari daun rumbia.

Pawai ini diperlombakan panitia HUT PI dan akan diumumkan pemenangnya pada 5 Februari saat puncak perayaan. Selain lomba seruling tambur, kemarin panitia juga menggelar lomba perahu dayung dan perahu naga. Esok, akan kembali digelar lomba pawai budaya yang juga diikuti berbagai suku di Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com