Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daerah Kepulauan Butuh Alat Deteksi Dini Bencana

Kompas.com - 15/01/2010, 17:29 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Sejumlah daerah kepulauan di Provinsi Sulut, sangat membutuhkan alat deteksi dini bencana alam, baik gempa bumi, tsunami, badai dan sebagainya.

"Hampir setiap saat beberapa kepulauan di bagian utara Sulut, seperti Kabupaten Talaud, Sangihe dan Sitaro selalu mengalami bencana alam namun terlambat untuk ditangani," kata Ketua DPRD Sulut Meiva Lintang, di Manado, Jumat (15/1/2010).

Kondisi itu menyebabkan sejumlah warga harus rela dievakuasi ke tempat aman, guna menghindari dampak buruk dan lebih parah.

Lintang mencontohkan, musibah banjir di Kabupaten Sangihe atau tepatnya di Kampung Laine dan Tatilade akibat cuaca buruk, karena tidak adanya alat deteksi dini untuk meminta warga mewaspadainya.

"Geografis di Kabupaten Sangihe, Talaud dan Sitaro dengan ratusan pulau membuat pemerintah sulit melakukan langkah evakuasi, sehingga perlu peringatan dini bagi warga agar waspada," katanya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulut Roy Tumiwa mengatakan, Gubernur Sulut SH Sarundajang telah meminta jajaran pemerintah kabupaten dan kota agar disampaikan kepada warga untuk mewaspadai ancaman bencana alam banjir dan longsor disertai gelombang laut tinggi.

"Pemerintah tetap sosialisasikan pada warga agar mewaspadai berbagai ancaman bencana seperti pemukiman di Daerah Aliran Sungai (DAS), daerah tebing tinggi hingga pesisir laut akibat gelombang laut," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com