Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Tahun Baru, Warga Menanti Kirab Kerbau Kyai Slamet

Kompas.com - 17/12/2009, 21:05 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Ribuan warga Kota Solo dan sekitarnya memadati Pura Mangkunegaran, menjelang upacara adat peringatan malam 1 Suro, Tahun Baru Jawa atau Tahun Baru Islam 1431 Hijriyah.

Di beberapa ruas jalan menuju Pura Mangkunegaran, Kamis (16/12) malam, ribuan warga terlihat berjalan kaki menuju lokasi upacara adat tersebut.

Kondisi tersebut terlihat sejak pukul 17:00 WIB dan sejumlah petugas kepolisian telah berjaga di sejumlah persimpangan jalan dan sekitar Pura Mangkunegaran.

Sementara itu, prosesi upacara adat memperingati tahun baru Islam 1431 Hijriyah dilakukan sejumlah anggota keluarga Pura Mangkunegaran dan abdi dalemnya dengan mengkirab pusaka.

Kirab pusaka dimulai setelah salat Isya dengan dipimpin Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Mangkoenegoro IX dan berjalan mengitari Pura Mangkunegaran.

Sekitar seribu anggota keluarga Pura Mangkunegaran dan abdi dalemnya ikut serta dalam kirab tersebut. Selain itu, tiga pusaka Mangkunegaran juga ikut dalam rombongan kirab.

Pantauan di lapangan, ribuan warga sudah bergerombol di sepanjang jalur lintasan kirab upacara adat dari Pura Mangkunegaran.

Sementara itu, Keraton Kasunanan Surakarta juga akan melangsungkan upacara adat memperingati tahun baru Islam 1431 Hijriyah dengan mengkirab sejumlah kerbau keturunan Kyai Slamet, yang dianggap sakral oleh kalangan keraton dan rakyatnya.

Upacara adat di Keraton Kasunanan Surakarta akan berlangsung sekitar Jumat dini hari pukul 00:00 WIB atau beberapa jam usai upacara adat di Pura Mangkunegaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com