Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Gempa, Titik Api Muncul di Gunung Talang

Kompas.com - 01/10/2009, 18:24 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Gempa bumi 7,6 skala richter di Sumatera Barat, berdampak pada meningkatnya aktivitas vulkanik di wilayah tersebut. Sebuah titik api sempat terlihat di Gunung Talang, Kabupaten Solok, yang berjarak sekitar 40 Km dari Kota Padang.

Titik api diam itu terlihat di Gunung Talang pada pukul 3.00 hingga 4.00 Kamis pagi. Namun, tidak ada letusan, kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Departemen ESDM Surono, di Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (1/10 ).

Dampak gempa juga dikatakan Surono membuat aktivitas getaran energi di gunung berapi setinggi 2.597 meter itu semakin besar. Namun, status gunung bertipe stra tovulkanis tersebut masih dinyatakan normal.

Begitu juga untuk dua gunung berapi lainnya di Sumatera Barat, yakni Gunung Tandikat dan Gunung Marapi, keduanya aman-aman saja. Hanya Talang yang sedikit rewel, katanya.

Pada 17 Agustus lalu, status Gunung Talang sempat ditingkatkan dari waspada menjadi siaga . Hal ini menyusul meningkatnya aktivitas vulkanik secara siginifikan, baik gempa vulkanik dalam maupun gempa tremor, di gunung tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com