Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKI Korban Kapal Tenggelam Tiba di Tanjung Balai

Kompas.com - 03/10/2008, 08:37 WIB

TANJUNG BALAI, JUMAT-Sebanyak 103 orang dan 12 jenazah WNI yang menjadi korban tenggelamnya kapal tongkang di perairan Malaysia (30/9) tiba di Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjung Balai, Sumatera Utara, pada Jumat (3/10) dini hari.

Ratusan WNI yang sebagian besar merupakan TKI di Malaysia itu tiba sekitar pukul 02.00 WIB di Pelabuhan Teluk Nibung dan disambut Wali Kota Tanjung Balai dr H Sutrisno Hadi SpOG serta sejumlah pejabat dari instansi terkait.

Sebanyak 103 korban TKI yang selamat itu tercatat 80 orang diantaranya laki-laki dan 22 orang perempuan serta seorang bayi laki-laki berumur 14 bulan yang berasal dari Pekanbaru, Riau. Para TKI itu umumnya berasal dari Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Riau, Jawa, dan Kalimantan.

Ke-12 jenazah wanita merupakan TKI yang berasal dari Sampit, Kalimantan Barat sebanyak empat orang, seorang berasal dari Pulau Jawa, seorang TKI kemungkinan dari Sumatera dan enam orang lainnya belum teridentifikasi. Ratusan TKI itu diistirahatkan semalam di gedung serbaguna milik Pemkot Tanjung Balai dan direncanakan pada Jumat (3/10) juga akan dipulangkan ke daerah masing-masing.

Ratusan TKI itu dibawa oleh Kapal Navigasi (KN) Sarotama milik Departemen Perhubungan dari Port Klang pada Kamis (2/10) sore menuju Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjung Balai, Sumut. Namun karena kecilnya Pelabuhan Teluk Nibung mengakibatkan rombongan sempat tertahan di tengah laut, kemudian dievakuasi menggunakan kapal feri ke daratan.

Sebelumnya, kapal tongkang yang mengangkut barang dagangan telah dilaporkan tenggelam tidak jauh dari West Port, Klang, Malaysia pada Selasa (30/9) sekitar pukul 08.30 waktu setempat. Di dalam kapal itu terdapat 150 orang WNI yang melakukan perjalanan pulang dari Malaysia secara ilegal menuju tanah air untuk merayakan Idulfitri di kampung halaman di Pulau Sumatera. Akibat tenggelamnya kapal itu, sebanyak 12 orang yang kesemuanya wanita dinyatakan meninggal dunia dan 125 orang lainnya dinyatakan selamat dalam musibah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com