Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Tasik-Ciamis-Banjar Masih Lancar

Kompas.com - 26/09/2008, 18:58 WIB

TASIKMALAYA, JUMAT - Jalur mudik di selatan Jawa Barat yang melewati Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar sampai saat ini masih lancar. Arus kendaraan yang berasal dari arah Barat menuju Timur yang melalui daeah Gentong, Kecamatan Akdipaten, Kabupaten Tasikmalaya belum terlihat padat. Kendaraan pemudik hanya melintas sesekali saja.

Petugas patroli pada Pos Polisi Kadipaten Bripka Gatot Soeprayitno, Jumat (26/9), mengatakan, volume kendaraan pemudik kemarin Jumat (26/9) memang terlihat banyak dibandingkan dengan sehari sebelumnya, Kamis (25/9). Akan tetapi, secara umum arus lalu lintas masih lancar.

"Biasanya kendaraan pemudik mulai ramai melintas pukul 07.00-08.00 setiap harinya. Kalau siang sepi dan baru ramai lagi waktu malam hari," kata Gatot.

Hasil pencatatan pada Pos Polisi Kadipaten , Kamis (25/9), menunjukkan, pada pukul 08.00-09.00 jumlah sepeda motor yang melintas sebanyak 240 unit. Pada pukul 10.00-11.00 jumlahnya lebih banyak lagi, yakni 650 kendaraan. Adapun puncak volume kendaraan bermotor jenis mobil yang melintas terjadi pukul 22.00-00.00, yaitu mencapai hampir 3.000 unit kendaraan.

Gatot justru heran karena pada Jumat (26/9) arus kendaraan dari arah Timur ke arah Barat (berlawanan arus mudik) justru ramai. Terlihat kendaran angkutan barang masih banyak melintas. Selain itu, kendaraan pribadi berplat nomor Jakarta dan Bandung dari arah Timur menuju Bandung juga banyak. Sementara bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari Tasikmalaya dan sekitarnya menuju Bandung dan Jakarta terlihat sepi penumpang.

Kepala Dinas Pehubungan Kabupaten Ciamis Tonny Hamara, memprediksi, puncak arus mudik di jalur selatan akan terjadi hari Sabtu (27/9) dan Minggu (28/9). Pasalnya, Jumat (26/9) buruh pabrik baru saja libur. Dengan demikian, paling cepat mereka mudik hari ini dan Minggu besok.

Ditambahkan Gatot, pihak kepolisian siap mengawal kelompok pemudik jika ada permintaan pengawalan. Pengawalan terutama dilakukan pa da pemudik dengan sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com