Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Penambang Gagal Dapatlkan Emas

Kompas.com - 17/08/2008, 06:22 WIB

BATULICIN, MINGGU- Ratusan orang penambang emas semi tradisional  mulai tinggalkan lokasi. Mereka, beberapa waktu lalu  menyerbu lokasi penambangan baru sekitar Desa Lasung, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan.
     
Seorang penambang Anang (40), Minggu mengaku mereka meninggalkan lokasi baru itu setelah dalam kegiatan penambangan tidak menemukan emas seperti kabar beredar selama ini.
     
Warga penambang emas semi mekanik itu secara berkelompok meninggalkan Desa Langsung untuk kembali ke lokasi lama secara terpencar di wilayah Tanbu.
     
Di lokasi lama para penambang mengaku hasil perolehan emas semakin menurun. Semula, setiap kelompok beranggota antara 5-10 orang  orang bisa menghasilkan rata-rata 6-7gram per hari dan belakangan menurun hanya 2gram per hari.
     
Emas hasil tambang dijual Rp250 ribu/gram dan dikumpulkan sepekan untuk dibagi setelah dipotong biaya operasional dan keperluan hidup selama kegiatan penambangan.
     
Tingginya harga BBM jenis solar untuk mesin keperluan mendulang dan besarnya biaya operasioanal serta keperluan hidup menjadikan penghasilan pendulang menyusut.
     
Di wilayah Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanbu  terdapat puluhan lokasi penambangan emas yang belakangan menjadi lubang dan kubangan besar akibat penggalian oleh kelompok pendulang emas.
     
Puluhan lubang dan kubangan besar itu membentuk danau dan menjadikan penurunan kesuburan tanah di sekitar dan dikhawatirkan jangka panjang menimbulkan dampak lingkungan lebih serius seperti banjir karena tidak ada daerah resapan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com