Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Lima Korban Ryan Diserahkan kepada Keluarga

Kompas.com - 14/08/2008, 11:04 WIB

Laporan wartawan Kompas Sindy Fathan Mubina

SURABAYA, KAMIS — Polda Jatim akan menyerahkan lima dari enam jenazah korban pembunuhan Very Idam Henyansyah alias Ryan kepada keluarga masing-masing, Jumat (15/8).

Penyerahan ini dilakukan setelah lima dari enam jenazah yang tersisa tuntas proses identifikasinya. Hal ini dikemukakan AKP Bambang Tjahjo dari Direktorat Reserse Kriminal Polda Jatim dalam jumpa pers, Kamis (14/8). "Semua keluarga korban sudah diundang dan besok akan diserahkan lewat prosesi penyerahan seperti sebelumnya," kata Bambang.

Dalam jumpa pers itu, tim Bidang Kedokteran Kesehatan Polda Jatim mengungkap identitas lima dari enam korban Ryan yang masih tersisa. Identitas mereka diperoleh dari uji DNA oleh Laboratorium Bidang Kedokteran Polisi di Pusat Kedokteran dan Kesehatan Mabes Polri yang dikirim ke Polda Jatim sehari sebelumnya, Rabu (13/8) pukul 16.20.

Menurut Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Jatim Kombes Pol dr Rudy Herdisampurno, masih satu jenazah yang belum berhasil diidentifikasi. "Dari pemeriksaan, sebagian besar korban menderita luka pukulan benda tumpul di kepala belakang," kata Rudy.

Berdasarkan hasil laboratorium itu, jenazah dengan nomor register Instalasi Forensik Rumah Sakit (IFRS) 022, berdasarkan hasil DNA dan properti berupa bandul kalung dan data ante mortem berupa foto korban mengenakan bandul kalung, dipastikan jenazah itu adalah Silvia D Ramadani.

Jenazah IFRS 023 dipastikan Nani Hidayati. Jenazah IFRS 024, berdasarkan DNA dan data medis gigi, dipastikan Agustinus Fitri Setyawan. Jenazah IFRS 025, berdasarkan DNA dan properti berupa cincin dan data ante mortem berupa kuitansi pembelian cincin di Mojokerto, dipastikan Moh Aksoni. Jenazah IFRS 027, berdasarkan DNA, dipastikan Zainul Abidin alias Zaki.

Sementara itu, jenazah IFRS 026 belum bisa diidentifikasi dan masih dianggap sebagai Mr X. "Belum ada sampel ante mortem yang cocok dengan korban," kata ahli forensik Polda Jatim Kompol dr Hery Widjatmoko. Ia menjelaskan, Mr X ini punya ciri khusus, yaitu laki-laki berusia 20-30 tahun dari ras mongoloid serta bergigi lengkap. Yang khas dari jenazah ini adalah kalung kayu dan karet gelang berjumlah 10 buah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com