Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSUD Kupang Kehabisa Darah

Kompas.com - 05/01/2008, 10:51 WIB

Laporan wartawan Pos Kupang, Reddy Ngera

KUPANG, PK- Stok darah di RSU Prof Dr Johannes Kupang, NTT saat ini habis. Sampai sekarang RSU Kupang belum mendapat pasokan darah dari Palang Merah Indonesia (PMI) NTT dan sumbangan dari para pedonor.
Hal itu disampaikan Yuni, petugas kesehatan di ruang Bank Darah, RSU Johannes Kupang kepada Pos Kupang, Jumat  (4/1). Yuni menjelaskan, habisnya stok darah di RSU Kupang terjadi sejak akhir Desember 2007 lalu.

Persedian darah yang ada saat ini, kata Yuni, hanya milik  keluarga pasien yang mendonorkan darahnya untuk keluarga yang sedang dirawat. Stok darah tersebut yakni darah A lima kantong, darah B tiga kantong, dan darah 0 dua kantong.

Habisnya stok darah di RSU Kupang, kata Yuni, karena tingginya permintaan darah dari pasien yang  menjalani operasi, pasien yang mengalami kekurangan darah (Amenia grafis) dan  tingginya pasien korban kecelakaan lalulintas.

Untuk mengatasi kondisi ini, RSU Kupang telah beberapa kali berkoordinasi dengan PMI Kupang. Namun untuk beberapa bulan terakhir ini PMI tidak melakukan gerakan donor darah. Hal ini  yang membuat RSU Kupang kesulitan mendapat pasokan darah.

Diharapkan pihak PMI,  bisa  melakukan kegiatan gerakan donor darah sehingga bisa mendistribusikan darah secepatnya. Yuni mengimbau masyarakat rela mendonorkan darahnya untuk kebutuhan darah bagi pasien di RSU Kupang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com