Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Obama Kaget di Candi Borobudur...

Kompas.com - 29/06/2017, 07:54 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kesan menarik yang diperoleh wisatawan saat berkunjung ke Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi sukacita tersendiri bagi para petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB). Apalagi jika yang terkesan adalah mantan Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama.

Mura Aristina, salah satu petugas BKB yang ditunjuk menjadi pendamping Obama selama berada di Candi Borobudur, Rabu (28/6/2017) sore, menuturkan, Obama sangat antusias mendengar kisah patung Kunto Bimo di Candi Borobudur.

Saat itu, Mura bercerita kepada Obama bahwa patung yang berada di dalam stupa berongga belah ketupat di lantai ke-7 dari 10 Candi Borobudur sisi timur itu memiliki mitos yang sangat populer di Borobudur.

"Konon jika orang bisa menyentuh patung itu sambil mengucap keinginan, maka akan tercapai keinginan tersebut," ujarnya, Rabu petang.

(Baca juga: Di Candi Borobudur, Obama Mengenang Masa Kecilnya)

Namun, karena banyak disentuh wisatawan, patung tersebut semakin rusak. Apalagi dengan berbagai ulah wisatawan yang nekat memanjat dan menginjak stupa meski sudah dilarang.

"Demi kelestarian, kami memutuskan untuk membuat pagar. Karena semakin banyak dipegang maka candinya akan rusak pasti," kata Mura.

Mura juga mengaku menceritakan pengalaman pengunjung anak-anak yang pernah terjepit stupa lantaran masih memanjat ingin memegang Kunto Bimo. Itulah sebabnya, BKB memutuskan untuk memagari stupa ini.

"Sekitar 4 tahun lalu ada anak yang kepalanya terjepit di stupa tersebut sampai tidak bisa keluar. Mendengar penjelasan itu, mereka kaget, sangat ekspresif," ungkap Mura.

Kepada rombongan Obama, Mura mengaku menjelaskan tentang Candi Borobudur secara umum, seperti proses pembangunan, sosok yang membangun, struktur bangunan candi hingga membaca sedikit relief candi tentang biografi Buddha. Menurut dia, semua peserta rombongan Obama begitu antusias dan aktif bertanya.

"Beliau mengagumi candi, memang hebat sekali, bagaimana candi dibangun dari dua juta potongan batu bisa dikunci satu sama lain," katanya.

Pada lawatannya itu, lanjut Mura, Obama sempat berfoto-foto antara lain di sebuah sudut di lantai 7 Candi Borobudur dengan latar belakang stupa induk. Lalu berfoto di dengan pemandangan bukit Menoreh.

"Sampai di stupa induk (puncak), ia mengatakan bahwa Candi Borobudur sangat indah sekali, didukung dengan situasi lingkungan yang damai sekali, saya jelaskan bahwa sekitar borobudur itu memang sawahnya banyak, jadi hijau," pungkas Mura.

 

Kompas TV Setelah menghabiskan waktu berlibur di Bali, Barack Obama dan keluarga tiba di Yogyakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com