Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Selatan Jabar Mulai Dipadati Pemudik

Kompas.com - 21/06/2017, 15:16 WIB
Ari Maulana Karang

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Arus lalulintas yang melalui jalur selatan Jawa Barat mulai dari Nagreg Bandung hingga Malangbong Garut, Rabu (21/06/2017) mulai mengalami peningkatan dibanding sehari sebelumnya. Antrian kendaraan pun tampak terjadi di kawasan Limbangan Garut.

"Kepadatan kendaraan sudah sampai Malangbong dari perbatasan Nagreg karena adanya aktivitas jalur," jelas Nandi, Kabid Teknik Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, saat ditemui Rabu (21/06/2017) siang di kawasan Limbangan Garut.

Menurut Nandi, dari data yang ada di pos penghitungan kendaraan Dishub Garut yang ada di Limbangan. Hingga pukul 12.00 WIB saja sudah ada 6.000 lebih kendaraan yang melintas dari arah Nagreg Bandung menuju Malangbong hingga Tasikmalaya.

Baca juga: Mudik Cukup Bawa Smartphone, Bisa untuk Belanja dan Tarik Uang Tunai

"Kenaikannya dibanding hari kemarin baru 5 persen," katanya.

"Meski baru mengalami kenaikan 5 persen saja, antrean kendaraan memang sudah tampak seperti di kawasan Limbangan yang terjadi karena adanya aktivitas pasar dari mulai warga yang menyeberang hingga keluar masuk kendaraan ke pasar," tambah dia.

Nandi melihat, kemungkinan adanya peningkatan arus kendaraan dalam jumlah besar bisa terjadi pada Kamis (23/6/2017) malam ini, saat itu para pegawai baik negeri maupun swasta sudah mulai libur kerja.

Dari pantauan Kompas.com, antrean kendaraan yang melaju dari arah Bandung ke Tasikmalaya mengular hingga buntutnya berada di RM Sugih Priangan dengan titik kemacetan di kawasan Pasar Limbangan.

Hingga pukul 14.30 WIB, kendaraan hanya bisa melaju dalam kecepatan rendah dan kadang tersendat. Sementara, dari arah sebaliknya arus kendaraan relatif normal.

Pukul 15.00 WIB aparat kepolisian pun mberlakukan satu jalur (one way) untuk kendaraan yang melaju dari arah Bandung ke Tasikmalaya lewat Limbangan.

Baca juga: Ratusan Motor "Mudik" Lebih Dulu ke Kampung Halaman

Kompas TV Anda bisa menitipkan kendaraan pribadi di Markas Kodim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com