Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Desa di Gorontalo Diterjang Banjir, Puluhan Rumah Terendam

Kompas.com - 02/06/2017, 18:57 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com  -  Beberapa desa dan kecamatan di Bone Bolango diterjang banjir akibat Sungai Bulango meluap, Jumat (2/6/2017).

Menurut Hamim Pou, Bupati Bone Bolango, data awal setidaknya terdapat 7 desa yang dilanda banjir, puluhan rumah terendam dan sapi milik warga hilang.

Sungai Bulango yang berhulu di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone ini tidak dapat menampung banyaknya air akibat hujan teras yang mengguyur wilayah tersebut.

“Wilayah yang dilanda banjir ini berada di Kecamatan Suwawa Tengah, Bulango Utara, dan Bulang Ulu,” kata Sucipto Abdullah, staf Dinas Sosial Provinsi Gorontalo.

Sucipto dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) saat ini sedang melakukan evakuasi daerah yang bisa dijangkau. Masyarakat di daerah lain belum diketahui nasibnya.

Sejumlah masyarakat mengungsi dengan membawa barang-barang rumah tangga yang bisa diselamatkan. Mereka menempati kawasan desa yang berbukit yang jauh dari jangkauan banjir.

Di Kabupaten Gorontalo, banjir juga merendam Desa Ombulo dan sekitarnya. Kawasan ini merupakan langganan banjir setiap hujan datang.

Baca juga: Banjir, Air Masuk ke Kelas Saat Siswa Sedang Ujian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com