Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jatim, PAN Munculkan Anang Hermansyah untuk Kandidat Cawagub

Kompas.com - 30/05/2017, 14:41 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Punya modal tujuh kursi parlemen di DPRD Jawa Timur, Partai Amanat Nasional (PAN) menawarkan calon wakil gubernur pada pilkada tahun depan.

"Karena kursi PAN di DPRD Jatim hanya 7 kursi, maka pilihan posisi cawagub dari kader internal adalah sangat realistis,"  ujar pengurus Harian DPD PAN Jawa Timur, Agus Maimun, Selasa (30/5/2017).

Ia menyebutkan, empat nama sebagai calon wakil gubernur dari partainya. Mereka adalah musisi asal Kabupaten Jember, Anang Hermansyah, Masfuk (Ketua DPW PAN Jatim), Suyoto (Bupati Bojonegoro/wakil ketua DPP PAN), dan Viva Yoga Mauladi (anggota DPR RI).

Baca juga: Partai Tommy Soeharto Dukung Khofifah Maju ke Pilkada Jatim

Mekanisme penentuan dukungan cagub dan cawagub di PAN Jawa Timur sendiri kata dia masih akan dibahas bulan depan pada forum rapat kerja wilayah.

"Hasil raker dari DPW Jatim akan dikirim ke DPP untuk dimintakan rekomendasi," ucapnya.

Secara prinsip, PAN dalam pilkada Jawa Timur tahun depan kata Agus, membuka pintu koalisi kepada semua partai yang memiliki visi dan misi yang sama, termasuk dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sudah memastikan akan mengusung Saifullah Yusuf (Wakil Gubernur Jawa Timur).

Jika PKB dan PAN membangun koalisi, kata Ketua Fraksi PAN DPRD Jawa Timur ini, maka poros koalisi dua ormas islam besar akan terbangun, yakni poros Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah. Karena PAN dinilainya terlahir dari rahim Muhammadiyah. 

Baca juga: Muhaimin: PKB Segera Deklarasikan Pencalonan Gus Ipul untuk Pilkada Jatim

Kompas TV PKB Usung Satu Nama Jadi Cagub Jawa Timur


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com