Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Atas Kursi Roda Herlin Bawa Wayang Kardus Mini Mendunia

Kompas.com - 09/05/2017, 08:44 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.comHerlin Susilowati (37) tak menyangka buah karya wayang kardus mininya akan melanglang buana hingga Amerika, China dan Korea.

Betapa tidak. Awalnya, wayang kardus mininya hanya untuk hiburan membangkitkan semangat hidupnya. Karena sejak kecil ia harus hidup di atas kursi roda. Tepatnya saat usianya 16 bulan, putri pasangan Sujito dan Suwarsini ini mengalami kelumpuhan pada kedua kakinya.

Kondisi ini menjadikan Herlin tak bisa berbuat banyak. Untuk bepergian Herlin harus menggunakan kursi roda.

Namun, hidup di atas kursi roda, tidak membuat Herlin Susilowati (37) frustasi. Ibu satu anak ini, justru memiliki keinginan melanjutkan perjuangan bapaknya melestarikan kesenian tradisional wayang.

"Bapak saya dulu perajin wayang di Kota Madiun. Saya ingat perjuangan bapak saya, bagaimana usahanya melestarikan wayang penuh dengan lika-liku. Apalagi sekarang peminat wayang tambah sedikit. Meski dalam keterbatasan saya ingin melanjutkan perjuangan bapak untuk melestarikan seni wayang kulit," ujar Herlin di sela-sela pameran kerajinan tangan di Madiun, Sabtu ( 6/5/2017).

Herlin masih mengingat, saat itu ayahnya memiliki Sanggar Wayang Karya Budaya. Ia harus kehujanan membawa wayang kulit kemana-mana. Tak hanya itu, ayahnya pun sering dicemooh kalau wayang kulit tidak laku lagi.

"Dalam hati saya, perjuangan ayah saya seperti itu untuk melestarikan wayang. Makanya saya ingin menuntaskan apa yang menjadi cita-cita ayah saya," ungkap Herlin.

Menurut Herlin, untuk melestarikan seni wayang kulit tak harus membuat wayang dari bahan kulit. Ia memutar otak lantaran bahan membuat wayang kulit tidaklah murah. Herlin lalu memanfaatkan bekas kardus susu formula menjadi bahan wayangnya.

Hasilnya, muncullah wayang kardus dari ukuran mini hingga jumbo dengan harga terjangkau. Wayang mini untuk gantungan kunci, dijual seharga Rp 5.000. Sementara wayang mini kardus dijual mulai Rp 4.000 hingga Rp 15.000.

Dalam satu hari, Herlin yang tinggal di Jalan Imam Bonjol, Gang Jatijajar no 2 Kota Madiun ini mampu memproduksi sendiri 25 wayang mini dari kardus dengan ukuran tujuh sentimeter hingga 12 cm.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com