Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Komputer, 184 Pelajar SMP di Makassar Sebrangi Laut demi UNBK

Kompas.com - 02/05/2017, 17:01 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak 184 siswa-siswi SMP di berbagai pulau-pulau kecil di Kota Makassar menyebrangi lautan untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMK Negeri 4 Makassar, Selasa (2/5/2017).

Ratusan pelajar tersebut berasal dari Pulau Lae-lae, Kodingareng, Barrang Ca'di, Langkai dan Bonetambung. Mereka menyeberangi lautan menggunakan kapal layar motor dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam.

Sesampainya di Kota Makassar, siswa-siswi ini ditampung di sebuah Gedung Serbaguna PHI yang terletak di Jalan Laiya, sejak Senin (1/5/2017). Mereka pun menggelar zikir bersama sebelum memulai UNBK di SMK Negeri 4 pagi tadi hingga tiga hari ke depan.

(baca juga: Perjuangan Siswa SMP di Bengkulu untuk Ikut UNBK)

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Ismunandar mengatakan, UNBK sengaja digelar di SMKN 4 Makassar. Sebab, sekolah mereka yakni SMPN 38 Pulau Kodingareng, SMPN 39 Pulau Barrang Ca'di, dan SMPN 41 Pulau Lae-lae tidak memiliki komputer dan jaringan internet.

"Siswa-siswi yang di pulau ini terpaksa dibawa ke Kota Makassar untuk UNBK, karena keterbatasan fasilitas dan jaringan internet. Mereka juga harus mendapatkan kesetaraan dengan siswa-siswi yang di Kota Makassar," ucapnya, Selasa (2/5/2017).

(Baca juga: Kekurangan Komputer, 36 Sekolah di Gunungkidul "Nebeng" untuk UNBK)

Sebelum mengikuti UNBK, lanjut Ismunandar, siswa-siswi pulau terlebih dahulu mendapatkan simulasi sebanyak satu kali di Kota Makassar, di antaranya dilatih mengoperasikan komputer.

Kompas TV UNBK Tertunda Akibat Komputer Dicuri
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com