Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rumah Abunawas" di Kalsel, Mewah dari Depan, Mengejutkan dari Samping

Kompas.com - 29/04/2017, 17:07 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Foto sebuah rumah di kawasan Handil Bakti, Alalak Berangas, Barito Kuala, Kalimantan Selatan, viral di media sosial.

Rumah ini dinilai unik karena penampakan bagian depannya adalah rumah megah berwarna putih dengan sejumlah pilar tinggi yang kokoh berdiri.

Namun jika melihat keseluruhan rumah dari samping, bagian belakang rumah itu hanyalah rumah berdinding kayu yang mengenakan genteng. Tingginya pun hanya setengah dari fasad megah di depannya. Para netizen menyatakan keheranannya.

Seperti diberitakan Tribunnews.com, foto rumah ini pertama kali diunggah oleh akun humor Seenakjidat pada Sabtu (22/4/2017) lalu viral di media sosial.

(Baca juga: Belasan Tahun Hidup di Rumah Nyaris Rubuh, Elegi Guru di Pelosok Kukar)

Syamsura, Ketua RW 01 RT 03 Handil Bakti, mengatakan, rumah ini kerap disebut "Rumah Abunawas". Bagian depan rumah yang bertiang 10 pilar itu baru sekitar lima tahun didirikan.

Namun, bagian belakang rumah yang masih terbuat dari papan ini sudah dibangun sejak puluhan tahun lalu.

(Baca selengkapnya: Siapa Pemilik Rumah Abunawas yang Unik di Kalimantan Selatan?)

Syamsura mengatakan, rumah tersebut memang sengaja belum diselesaikan. Menurut dia, bagian depan rumah itu memang kerap dijadikan objek foto oleh warga setempat maupun mereka yang datang ke desa tersebut.

"Hari minggu (22/4/2017) lalu, banyak anak remaja berfoto di antara tiang rumah ini," tutur Syamsura saat ditemui di dekat rumah Abunawas tersebut, Selasa (24/4/2017).

 

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Selasa (25/4/2017), dengan judul: Terungkap, Ternyata Ini Pemilik 'Rumah Abunawas' di Kalimantan Selatan

 

Kompas TV Tangan lembut yang datang dari sosok perempuan sirna, saat melihat para ibu harus melakukan pekerjaan kasar dengan memecah batu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com