Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengah Malam Diguncang Gempa, Warga Garut Terbangun dan Berhamburan Keluar Rumah

Kompas.com - 24/04/2017, 06:48 WIB
Ari Maulana Karang

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Dampak getaran gempa bermagnitudo 5,4 yang berpusat di Tasikmalaya juga dirasakan oleh warga Garut, Senin (24/7/2017) sekitar pukul 01.01 WIB.

Warga yang sedang tidur pada saat gempa terjadi itu langsung terbangun dan langsung berhamburan keluar rumah.

"Warga sampai keluar rumah, di rumah saya foto-foto di dinding sampai berjatuhan," ungkap Dik Dik (47), warga Jalan Pembangunan, Kelurahan Jayawaras, Kecamatan Tarogong Kidul.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Fiat (30), warga Kecamatan Kadungora. Menurut dia, guncangan gempa dirasakan kuat hingga warga yang sedang tidur pun terbangun.

"Lemari di rumah sampai bergetar," katanya.

Kepanikan warga Garut juga terpantau di jejaring media sosial, banyak warga yang langsung menginformasikan gempa dan menanyakan pusat gempa.

Selang beberapa saat, sambil berjaga-jaga, warga pun menerima informasi resmi di situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan langsung tersebar di jejaring media sosial.

Meski guncangan gempa dirasakan cukup kuat, belum ada laporan resmi kerusakan akibat gempa tersebut di wilayah Kabupaten Garut.

Sebelumnya diberitakan, gempa bermagnitudo 5,4 mengguncang Tasikmalaya, Jawa Barat, dan sekitarnya, Senin dini hari.

Info Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa berada pada koordinat 8,10 Lintang Selatan dan 107,86 Bujur Timur atau 58 kilometer arah barat daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 13 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami.

(Baca juga: Gempa 5,4 SR Guncang Tasikmalaya, Getaran Terasa hingga Sukabumi)

 

Kompas TV Sesar Lembang adalah sesar aktif, bergerak dengan laju kecepatan 3 hingga 6 milimeter per tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com