Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Dipasung, Pria Lansia di Sukabumi Dirujuk ke RSJ Bogor

Kompas.com - 05/04/2017, 19:03 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Seorang pria lanjut usia, Bibin (56) akhirnya bebas dari pasungannya di Kampung Cijambe, RT 01/04, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017).

Selanjutnya, pria yang diduga menderita gangguan kejiwaan itu langsung dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr Marzoeki, Bogor. Untuk menuju Bogor, dia diangkut dengan mobil patroli Polsek Cikembar, Polres Sukabumi.

''Ya, mau dibawa ke Rumah Sakit Jiwa di Bogor,'' kata salah seorang warga yang mengantarkan Bibin kepada Kompas.com saat ditemui di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi, Cibadak.

Baca juga: Kisah Para Pemuda yang Dipasung karena Gangguan Jiwa

Di RSUD Sekarwangi ini, mobil patroli Polsek Cikembar tidak berhenti terlalu lama. Informasinya hanya mengambil surat rujukan. Sebelumnya, tim pengantar Bibin ini sempat ke kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) di Cisaat.

Kondisi Bibin menderita luka di kedua kakinya, tepatnya di pergelangan kaki. Lukanya tersebut akibat lubang kayu pasung yang terlalu sempit.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Iwan Ridwan menjelaskan, sesuai prosedur tetap, warga penderita gangguan kejiwaan akan ditangani terlebih dahulu secara medis rumah sakit, lalu dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ).

Dalam prosesnya, yang bersangkutan akan diurus mulai dari pemerintahan desa, kecamatan hingga Dinas Kesehatan.

"Nanti dalam proses pemulihan, baru kami Dinas Sosial yang akan menanganinya dan bekerja sama dengan Panti Sosial Bina Laras Phala Martha,'' jelas Iwan saat dihubungi melalui telepon genggamnya.

Baca juga: Menderita Gangguan Jiwa, Dua Warga Kolaka Dipasung Keluarganya

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada konfirmasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan camat Cikembar.

 

Kompas TV Ribuan warga di kawasan Pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah kembali melakukan aksi pasung
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com