Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenangan Terakhir Saat Hasyim Muzadi Dijenguk Jokowi

Kompas.com - 16/03/2017, 09:53 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi tutup usia, Kamis (16/3/2017) pagi.

Sehari sebelumnya, Rabu (15/3/2017) pagi menjelang siang, Presiden RI Joko Widodo dan ibu negara, Iriana Joko Widodo, sempat menjenguk Hasyim yang dirawat di kediamannya di Ponpes Al Hikam di Jalan Cengger Ayam, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang

Tidak banyak yang diungkapkan Jokowi setelah Hasyim. Dalam kunjungan mendadak itu, Jokowi hanya mengajak rakyat Indonesia berdoa untuk kesembuhan anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu.

"Berdoa semuanya agar beliau cepat diberikan kesembuhan. Kami semua berdoa semoga Pak Kiai segera diberikan kesembuhan secepatnya," kata Jokowi saat itu.

(Baca selengkapnya: Jokowi Berdoa untuk Kesembuhan Hasyim Muzadi)

Putra sulung KH Hasyim Muzadi, Abdul Hakim, bercerita, Presiden dan Ibu Negara sudah bertemu ayahnya.

"Pak Presiden dan Ibu Negara menjenguk Abah (ayah). Tidak begitu lama. Mungkin sekitar 15 menit. Bergantian sama pak gubernur, pangdam, dan kapolda," ujar Hakim, Rabu.

Hakim menuturkan, tak banyak pembicaraan antara ayahnya dan Jokowi.

"Abah tahu kalau dijenguk Pak Presiden. Ya ada komunikasi tetapi tidak bercakap-cakap. Abah sedang istirahat," ujar Hakim.    

Jokowi dan Iriana langsung bertemu dengan Hasyim yang didampingi istrinya, Muthamimmah. Menurut Hakim, sang ayah membuka mata ketika dikunjungi Jokowi.

Tetapi komunikasi yang terjalin memang tidak dalam percakapan yang panjang dan lancar sebab mantan Ketua PBNU itu dalam kondisi lemas. Sekitar 15 menit Jokowi bertemu Hasyim.

(Baca juga: Masih Dalam Perawatan, Jokowi Hanya 15 Menit Temui Hasyim Muzadi)

Hakim mengatakan, Hasyim dirawat di rumah atas keinginannya sendiri. Menurut Hakim, ayahnya mengatakan bahwa dirinya merasa lebih senang dan tenang secara psikologis jika dekat dengan keluarga dan santri. Dengan begitu, kiai itu lebih sering mendengar para santrinya mengaji.

Sementara itu, keponakan Kiai Hasyim, Alfian Futuhul Hadi, mengatakan, Hasyim Muzadi meninggal dunia Kamis pagi.

"Inggih, pukul 06.20 WIB tadi," ujar Alfian, Kamis pagi.

(Baca juga: Jenazah KH Hasyim Muzadi Akan Diterbangkan ke Depok)

Berita ini telah tayang di Surya Malang, Kamis (16/3/2017), dengan judul: Seperti ini Kondisi KH Hasyim Muzadi saat Ditemui Jokowi

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com