Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Skenario Lokasi Shalat Jumat Raja Salman di Nusa Dua Bali

Kompas.com - 09/03/2017, 17:42 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Danrem Wiratsatya Kolonel Inf I Nengah Cantiasa mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan dua skenario untuk lokasi shalat Jumat Raja Salman Bin Abdulaziz selama di Bali. Skenario dimaksud yakni shalat Jumat di luar dan dalam hotel.

Menurut Cantiasa, jika Raja Salman hendak shalat Jumat di luar hotel, maka pilihannya adalah masjid yang terletak di kompleks Puja Mandala, Bukit Kampial, Nusa Dua, Bali.

"Ada dua skenario, tetap di dalam hotel atau di masjid yang di Puja Mandala itu," kata Cantiasa di Nusa Dua, Kamis (9/3/2017).

Baca juga: Pantai Sawangan, "Padang Pasir" di Bali Tempat Bersantai Rombongan Raja Salman

Menurutnya, Paspampres Kerajaan Arab Saudi sudah menyurvei Masjid Agung Ibnu Batutah yang terletak di kawasan kompleks Puja Mandala, untuk persiapan shalat Raja Salman. Tim ini melakukan survey pada pertengahan Februari lalu.

"Tim mereka sudah survei, apakah jadi di sana atau tidak belum ada informasi sampai saat ini," kata Cantiasa.

Karena itu, pihaknya siap memberikan pengawalan jika Raja Salman pada akhirnya memutuskan shalat Jumat di luar Hotel. Sebaliknya, jika Raja Salman menggelar shalat Jumat di Hotel St Regis tempat Raja menginap, maka bisa menggunakan hall hotel. Kapasitas hall St Regis sampai 500 orang. Cukup menampung delegasi yang menginap di hotel.

"Daya tampung hall-nya cukup, kita tunggu saja keputusan Raja mau shalat Jumat di mana," kata Cantiasa.

Khusus jadwal shalat Jumat Raja Salman di Bali berbeda saat dia berada di Jakarta. Sebab di Jakarta sudah dipastikan sejak awal bahwa shalat Jumat di Masjid Istiqlal.

Sebelumnya, Raja Salman berencana menghabiskan masa liburan di Bali pada 4-9 Maret. Raja Salman kemudian memperpanjang masa liburan selama 3 hari sampai Minggu (12/3/2017).

Baca juga: Raja Salman Perpanjang Liburan, Ini Keuntungan Bagi Bali

Akibat perpanjangan ini, Raja Salman akan melewati satu Hari Jumat. Selama berada di Bali, Raja Salman menginap di Hotel St Regis, Nusa Dua, Bali.

Kompas TV Agenda kunjungan rombongan Raja Salman di pulau dewata, hari ini akan mengunjungi obyek wisata budaya dan sejarah peninggalan Kerajaan Klungkung pada abad ke- 17, yakni Kertha Gosa di Kabupaten Klungkung, Bali.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com