Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kalau Tidak Dibersihkan, Gili Trawangan Mungkin Ditinggalkan Orang.."

Kompas.com - 24/02/2017, 22:51 WIB
Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar mengatakan, membersihkan bangunan tepi pantai yang tengah dilakukan saat ini adalah bagian dari menjaga masa depan Gili Trawangan. Hal ini dikatakan disela-sela kunjungannya ke Gili Trawangan, Jumat (24/2/2017).

Menurut dia, sebagai salah satu tempat pariwisata unggulan Gili Trawangan perlu berbenah diri. Sebab selama ini, daya tarik wisatawan berkunjung ke Gili Trawangan adalah menikmati keindahan pantainya.

"Kalau ini tidak kita bersihkan seperti ini, suatu saat Trawangan mungkin akan ditinggalkan orang," kata Najmul.

Karena alasan inilah, Pemerintah Daerah KLU melakukan penertiban bangunan yang ada di sepanjang pantai Gili Trawangan.

Sebanyak 143 unit bangunan dibongkar dan diratakan dengan tanah. Rata-rata bangunan tersebut dulunya merupakan restoran, cafe, dan tempat spa yang melanggar roi pantai.

Rencananya pembongkaran akan dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 27 Februari 2017 mendatang. Selanjutnya dilakukan pembersihan puing bangunan yang ditargetkan selesai hingga 20 hari ke depan.

"Kita lakukan berlapis. Setelah tim pembongkaran selesai, akan masuk tim kebersihan," kata Najmul.

Dia bersyukur, banyak pelaku wisata yang sadar dan membongkar sendiri bangunannya.

Untuk mempermudah proses ini, Pemda juga menyediakan dua unit alat berat yang difungsikan untuk membantu warga yang kesulitan melakukan pembongkaran secara manual.

Alat berat juga digunakan untuk meratakan bekas pondasi yang ada di sepanjang pantai.

Najmul menambahkan, pembongkaran dan pembersihan bangunan di sempadan pantai ini tidak berpengaruh dengan tingkat kunjungan wisatawan ke Gili Trawangan. Setiap hari ada sebanyak 2.600 wisatawan berkunjung ke Gili.

"Tamu pun sudah memahami arah dari penertiban ini adalah membuka ruas pantai dan mereka senang kok. Banyak yang menyampaikan apresiasi pada kita. Saya terus terang tidak khawatir dengan pembongkaran ini," kata Najmul. 

Baca: 143 Bangunan di Sepanjang Pantai Gili Trawangan Dibongkar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com