Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Sementara "Real Count", Cek Mad Unggul di Pilkada Aceh Utara

Kompas.com - 22/02/2017, 14:44 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Calon petahana bupati dan wakil bupati, Muhammad Thaib atau Cek Mad dan Fauzi Yusuf, unggul dalam perolehan suara di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Aceh Utara 2017.

Berdasarkan hasil sementara pemindaian formulir C1 di tingkat tempat pemungutan suara pada website Komisi Pemilihan Umum, Rabu (22/2/2017) siang, Cek Mad dan Fauzi meraih 121.484 suara atau 47,33 persen suara sah.

Adapun calon lain, yakni Fakhrurrazi-Mukhtar Daud mengumpulkan 41,11 persen atau 105.526 suara. Duet calon Muhammad Nasir dan T Muttaqin mendapatkan 9,03 persen atau 23.180 suara, sementara Syamsyuddin Ayah Panton dan Muhammad Jamil mengoleksi 2,53 persen atau 6.497 suara.

Hasil tersebut merupakan rekapitulasi suara 1.037 TPS dari total 1.052 TPS (data masuk 98,67 persen). Hasil ini bukan hasil final.

"Ada 15 TPS lagi sedang di-scan dari Kecamatan Lhoksukon. Hari ini, kita gelar rekapitulasi manual di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe," kata Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara, Ayi Jufridar, Rabu.

Dia menyebutkan, rekapitulasi manual dimulai dengan rekapitulasi perolehan suara untuk calon gubernur Aceh. Setelah itu baru rekapitulasi manual untuk calon bupati.

"Kami perkirakan besok sudah selesai rapat pleno rekapitulasi manual," ujarnya.

Sementara itu, Cek Mad menyatakan akan mengajak semua kalangan untuk membangun Aceh Utara.

"Periode kedua saya memimpin ini, saya ingin kita terus tingkatkan sumber daya manusia. Sehingga, generasi emas akan lahir di Aceh Utara untuk mengisi pembangunan di Nusantara," kata Cek Mad.

Saat ini puluhan polisi bersenjata laras panjang mengamankan gedung Hotel Lido Graha tempat rekapitulasi berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com